Ini Dia 4 Fungsi Seragam Kerja untuk Perusahaan Anda!

Fungsi seragam kerja bukan hanya sebagai pakaian biasa, tapi lebih dari itu baju atau pakaian seragam kerja sudah menjadi bagian dari segala jenis pekerjaan. Seragam pada dasarnya merupakan seperangkat pakaian yang biasanya dikenakan bersamaan dari model, motif, dan bahan yang sama oleh anggota sebuah organisasi. Kegiatan mengenakan seragam ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Pertama kali, seragam dikenakan oleh para tentara Kekaisaran Romawi sejak berabad-abad yang lalu. Seragam tersebut dijadikan sebagai simbol kesatuan dari pasukan tentara romawi serta menjadi pembeda dengan pasukan lawan ketika perang terjadi. Kalau di zaman modern seperti sekarang, seragam tidak hanya digunakan oleh anggota angkatan bersenjata saja. Tapi juga anggota dari suatu organisasi atau lembaga lain. Mulai dari anggota lembaga pemerintah sampai perusahaan swasta.

Begitu juga dengan organisasi dengan lingkup lainnya seperti bisnis skala UMKM, komunitas, bahkan seragam juga digunakan untuk kegiatan atau event tertentu. Jadi tidak heran kalau sekarang ini pakaian seragam jadi satu simbol yang penting dalam masyarakat. Dari lingkup yang kecil, besar, organisasi nonprofit, dan juga profit.

Macam Bahan Kain Seragam Kerja

Secara umum dalam membuat seragam kerja juga diperlukan pemahamansoal jenis kain yang akan di pakai. Kain yang ada di pasaran jenisnya bervariasi tergantung jenis kebutuhan. Tapi kebanyakan, jenis kain yang digunakan untuk membuat seragam kerja itu ada jenis kain drill, oxford, kanvas, ripstop, denim/chambray, dan juga katun. Dari setiap jenis kain tersebut juga ada banyak macamnya. Misalnya saja kain drill ada american, castilo, kato, japan, dan taipan.

Apa saja Fungsi Seragam Kerja?

Seragam telah menjadi bagian yang sangat dekat dengan kehidupan bermasyarakat. Kalau dalam lingkup profesional, seragam kerja itu adalah suatu hal yang penting. Pakaian seragam kerja itu menjadi ciri dan pembeda identitas antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Banyak sekali manfaat yang dihadirkan oleh pakaian seragam kerja ini. Untuk lebih rincinya berikut ini fungsi seragam kerja. 

1. Fungsi Seragam Kerja sebagai Identitas Perusahaan  

Setiap perusahaan produk maupun jasa serta instansi pelayanan publikjika tidak memiliki seragammaka pelanggan akan sulit menemukan mereka. Hal inilah yang menjadikan seragam sebagai kebutuhan mendasar sebuah perusahaan maupun instansi. Begitu juga sebagai identitas suatu kelompok ketika bertemu dengan kelompok yang lain. Dalam hal ini sebagai identitas antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

2. Seragam Kerja Meningkatkan Motivasi Kerja  

Ketika mengenakan pakaian seragam kerja setiap hari mampu memberikan semangat tersendiri bagi pekerja dan karyawanTerlebih di sana terdapat identitas perusahaan berupa logo maupun tagline. Hal-hal tersebut dapat membuat para anggota atau karyawan bisa bekerja lebih semangat untuk kemajuan perusahaan dan instansinya.  Selain itu, penggunaan seragam kerja juga akan menumbuhkan rasa kepemilikan dari karyawan dan anggota atas perusahaan dimana mereka bekerja.

Fungsi Seragam Kerja

3. Seragam Kerja Memberi Kesan Professional  

Pakaian berupa seragam bisa memberikan kesan yang profesional bagi masyarakatContohnya seragam PNS, guru, tentaraperusahaan televisi, dan berbagai perusahaan lainnya. Image yang diberikan positif sekaligus bisa jadi sarana promosi dan pencitraan perusahaan. Hal ini juga berlaku untuk Anda para pelaku bisnis skala UMKM. Di mana penggunaan seragam untuk bisnis UMKM Anda akan memberikan kesan yang lebih positif dan profesional.

4. Seragam Kerja Melindungi pemakainya 

Pemilihan baju seragam disesuaikan dengan lingkungan dan cuaca. Maka, seragam ini juga berfungsi dan bermanfaat sebagai pelindung tubuh. Maka sering kita mendengar istilahkeja PDH dan kemeja PDL yang didesain khusus sesuai dengan tempat kerja karyawan. 

Demikianlah 4 fungsi seragam kerja yang perlu Anda diketahui. Bagi Anda yang ingin membuat seragam kerjaEcodoe siap membantu Anda. Terdapat banyak pilihan seragam kerja untuk perusahaan Anda dengan model dan desain yang menarik. Tersedia juga layanan konsultasi dan desain seragam kerja yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias GRATIS! Hubungi admin kami di WhatsApp 0812-5000 0912 untuk informasi harga dan pemesanan. Yuk, dapatkan manfaat dari penggunaaan seragam kerja. 

Sumber : http://www.arkankonveksi.com/inilah-4-fungsi-seragam-kerja.html 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top