5 Aplikasi untuk UMKM Buat Naikin Omset Jualan!

5 Aplikasi untuk UMKM Buat Naikin Omset Jualan

Aplikasi untuk UMKM sekarang sudah makin banyak tersedia. Peluang UMKM untuk terus berkembang juga semakin besar. Pada dasarnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM ini punya peranan penting dalam membangun perekonomian Indonesia. Maka dari itu pemerintah punya banyak program untuk menjadikan UMKM punya prospek bisnis yang menguntungkan dan juga berkelanjutan.

Dalam upaya untuk menumbuh kembangkan UMKM di Indonesia tentunya tidak akan lepas dari peranan teknologi digital. Bukan tanpa alasan, di era industri 4.0 ini semua sektor bisnis ditantang untuk masuk ke ekosistem digital. Termasuk juga para pelaku bisnis skala UMKM. Bukan hanya sekadar mengikuti perkembangan zaman tapi juga memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengelola bisnis yang dijalankan.

Dunia digital makin hari pastinya terus mengalami perkembangan. Begitu juga dengan banyaknya aplikasi bermunculan yang memudahkan setiap orang untuk menjalankan aktivitasnya. Salah satunya adalah aplikasi UMKM yang bisa menunjang keberlangsungan bisnis. Aplikasi untuk UMKM yang tersedia juga beragam, mulai dari aplikasi untuk membantu dalam mengelola keuangan sampai kegiatan pemasaran.

Rekomendasi Aplikasi untuk UMKM

Kehadiran aplikasi untuk UMKM itu tujuannya memang mempermudah kelangsungan suatu bisnis, tapi tetap saja perlu guide yang tepat untuk para penggunanya. Supaya ketika menggunakan aplikasi UMKM tersebut para pelaku usaha bisa mendapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnisnya. Di Indonesia, ada beberapa aplikasi untuk UMKM yang mudah digunakan untuk pemula dan bisa menunjang aktivitas bisnis dengan efektif dan efisien. Inilah 7 daftar aplikasi  untuk UMKM yang direkomendasikan.

1. Aplikasi Keuangan untuk UMKM

Ketika menjalankan sebuah bisnis pastinya kita akan melakukan kegiatan pencatatan keuangan. Kegiatan pencatatan keuangan usaha ini bisa dilakukan secara manual tapi bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi keuangan berupa pembukuan digital untuk UMKM yang tersedia. Para pelaku UMKM bisa menggunakan aplikasi pembukuan atau keuangan usaha untuk  mengelola pemasukan dan pengeluaran.

Aplikasi keuangan atau pembukuan usaha seperti ini bisa digunakan untuk menyimpan data keuangan harian dalam berbisnis. Contohnya dana yang keluar untuk modal, serta pemasukan dari hasil penjualan. Selain itu bisa digunakan juga untuk membantu mengurus keuanagn mulai dari memantau alur kas, mengatur, hingga merencanakan keuangan usaha.

2. Aplikasi Notes atau Catatan

Mencatat hal-hal penting untuk bisnis Anda hanya dengan selembar kertas untuk bisnis UMKM yang Anda jalankan akan berisiko hilang ataupun rusak. Padahal catatan kegiatan bisnis Anda ini sangat penting untuk disimpan. Maka dari itu untuk meminimalisir risiko tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi notes atau catatan untuk menyimpan catatan secara digital.

Kebanyakan aplikasi notes ini langsung bisa tersambung ke berbagai perangkat. Beberapa aplikasi notes ini bisa diakses melalui PC ataupun Hand Phone sekaligus. Metode pencatatan yang tersedia di aplikasi notes biasanya bisa diatur berdasarkan kategori. Anda bisa urutkan sesuai dengan kebutuhan catatan bisnis yang diperlukan.

3. Aplikasi Mobile Banking

Kalau aplikasi yang satu ini rasanya wajib untuk Anda miliki dalam menjalankan bisnis UMKM. Sebab di zaman sekarang untuk kebutuhan bisnis seperti transaksi ke penyetok akan lebih cepat dan mudah ketika melalui transfer bank. Supaya tidak terlalu memakan waktu pergi ke bank atau ke ATM, untuk melakukan transfer bisa memanfaatkan aplikasi mobile banking.

Keuntungan lain ketika Anda menggunakan aplikasi mobile banking adalah setiap transaksi dapat terekam dengan baik dan dikabarkan dalam real time. Begitu juga dengan kebutuhan transaksi secara online atau cashless dengan pembeli, Anda bisa langsung mengecek apakah pembayaran sudah masuk atau belum. Layanan ini juga mencegah penipuan berkedok bukti transfer ATM palsu, karena Anda bisa langsung cek jumlah saldo saat itu juga.

4. Aplikasi Edit Foto

Sebelum menggunakan aplikasi desain grafis, pastikan Anda memiliki stok foto produk yang cukup. Pada kenyataannya sebaik apapun kualitas produk yang dijual, tidak akan menarik pembeli jika tampilan foto produknya hanya seadanya. Ketika Anda ingin membuat hasil foto produk lebih menarik, sebenarnya mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup mengunduh aplikasi edit foto yang bisa diakses secara gratis.

Dalam aplikasi edit foto trsebut tersedia berbagai fitur untuk memperindah produk yang Anda jual. Ada yang fungsinya untuk mempertegas warna, menambahkan teks pada foto, dan juga membuat tata letak foto agar lebih menarik. Pastinya kalau foto produk Anda tampil lebih keren, calon konsumen akan semakin banyak yang tertarik.

5. Media Sosial

Bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya sudah saatnya harus bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memperkenalkan produk dan layanannya secara lebih luas. Hal ini bisa dilakukan baik melalui aplikasi media sosial. Mulai dari facebook, instagram, twitter, youtube, tiktok, dan media sosial lainnya.

Anda bisa memilih media sosial mana yang perlu digunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya disesuaikan dengan target pasar, karena kebiasaan pengguna di tiap platform media sosial akan berbeda. Maka dari itu Anda perlu melakukan riset dan juga perencanaan konten yang tepat supaya produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat menemukan audiens yang tepat sasaran.

6. Aplikasi Marketplace untuk UMKM

Perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara berkomunikasi masyarakat tapi juga metode perdagangannya. Di mana banyak mulai bermunculan marketplace yang berguna untuk jadi tempat jual-beli barang secara online yang bisa digunakan oleh pengusaha.

Kesempatan ini tidak boleh dilewatkan para pelaku UMKM. Marketplace untuk UMKM ini mesti dimanfaatkan betul oleh para pemilik usaha kecil menengah. Bukan tanpa alasan, selama ini kendala yang selalu dihadapi oleh UMKM adalah masalah pemasaran, apalagi untuk UMKM di daerah. Dari penggunaan marketplace inilah terbuka peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan promosi juga jauh lebih murah.

7. Aplikasi untuk UMKM dari Ecodoe

Salah satu aplikasi untuk UMKM yang perlu Anda ketahui adalah aplikasi Ecodoe UMKM. Aplikasi Ecodoe UMKM ini merupakan marketplace untuk para kreator UMKM lokal yang berada di seluruh Indonesia. Melalui aplikasi tersebut Ecodoe menyediakan platform bagi kreator Indonesia khususnya UMKM agar dapat terhubung dengan pembeli souvenir yang membutuhkan dalam jumlah besar dan cepat.

Aplikasi UMKM Ecodoe

Para kreator UMKM yang tergabung juga akan mendapatkan akses pasar online yang luas. Bahkan ada juga program pendampingan Localaris bagi para UMKM kreator yang tergabung di Ecodoe. Mulai dari pendampingan akses pendanaan, keuangan, legalitas usaha, hingga manajemen sumber daya manusia. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, para UMKM Kreator bisa mengaksesnya tanpa dipungut biaya alias GRATIS! Kapan lagi bisa medapatkan akses marketplace gratis sampai program pedampingan untuk mengembangkan bisnis?

Unduh aplikasi Ecodoe UMKM dan bergabunglah menjadi UMKM Kreator bersama Ecodoe sekarang juga! Dapatkan kesempatan memenangkan proyek pengadaan dari perusahaan besar hingga akses pendanaan senilai 200 juta! Download aplikasi Ecodoe UMKM sekarang juga di sini!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top