5 Tren Peluang Usaha UMKM 2021 yang Menjanjikan

5 Tren Peluang Usaha UMKM 2021 yang Menjanjikan

Peluang usaha UMKM 2021 ini tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi sejak terjadinya pandemi covid-19 ini. Dikutip dari antaranews.com telah terjadi peningkatan jumlah penjual di platform marketplace Tokopedia hingga puluhan juta. Hal ini menunjukkan bahwa peluang usaha UMKM di tahun 2021 ini masih terbuka lebar bahkan terus mengalami peningkatan.

Tren Peluang Usaha UMKM 2021

Ketika sekarang ini sudah semakin banyak bisnis yang dijalankan secara digital, tentunya tren pasar juga mulai berubah. Di tahun 2021, tren peluang usaha UMKM mengarah pada usaha yang memanfaatkan teknologi digital. Sebab dengan kehadiran UMKM di ekosistem digital inilah yang mampu mendorong para pelaku UMKM untuk mampu bertahan di masa krisis seperti di saat pandemi ini. Berikut inilah tren peluang usaha UMKM 2021 yang menarik dan bisa mendatangkan keuntungan besar dengan memanfaatkan teknologi digital.

1. Makanan dan Minuman

Kategori Food & Beverages menjadi salah satu kategori yang paling populer menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat. Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras. Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak menjadi lebih dari 3x lipat di akhir tahun 2020.

Nah untuk Anda yang ingin mengambil peluang usaha makanan dan minuman ini pastinya perlu direncanakan dengan matang. Kalau Anda ingin memproduksi makanan dan minuman sendiri, pastikan resepnya sudah tepat. Dalam artian sudah dites pasar, apakah rasanya sudah sesuai dengan selera kebanyakan orang. Selain memproduksi sendiri, Anda juga bisa menjadi agen ataupun reseller produk makanan dan minuman kekinian. Tapi pastikan produk yang Anda ambil adalah produk best seller dan keuntungan yang Anda dapatkan sebagai seller besar.

2. Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tercatat adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020. Bahkan ada juga pegiat usaha lokal yaitu Gentle Hour yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

Kalau untuk produk kecantikan, Anda bisa mengambil peluang usaha UMKM di tahun 2021 ini dengan menjadi agen ataupun reseller. Sekarang sudah makin banyak produk kecantikan dari luar negeri seperti Korea Selatan ataupun produk kecantikan dari Indonesia yang membuka peluang keagenan dan reseller. Ketika memilih produk kecantikan mana yang akan Anda jual, pastikan produk tersebut sudah memiliki izin edar resmi.

3. Tanaman dan Alat Berkebun

Berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi. Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan dengan tahun 2019. Pastinya catatan tersebut dapat menjadi inspirasi usaha UMKM di tahun 2021 ini.

Anda bisa mengambil peluang usaha ini dengan menjual berbagai tanaman hias ataupun tanaman konsumsi dengan cara yang unik. Misalnya Anda bisa menjual bibit tanaman dan alat berkebun sederhana dalam bentuk hampers ataupun gift. Sekarang tanaman pun jadi ide bingkisan dan kado yang menarik. Asalkan bisa dikemas dengan eye catching dan disesuaikan dengan selera target pasar.

4. Produk Olahraga

Menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga populer juga dapat dipertimbangkan menjadi ide usaha. Beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.

Produk olahraga di masa pandemi ini memang jadi satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Apalagi untuk para pekerja yang lebih banyak mendapatkan jatah kerja dari rumah. Anda bisa menjual produk olahraga mulai dari pakaian olahraga, aksesoris olahraga, dan juga peralatan olahraga.

5. Alat Lukis

Di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office & Stationery yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual alat gambar ataupun lukis dengan bentuk paket. Misalnya dalam menjual kanvas ukuran A3 dikombinasikan dengan produk lain yaitu kuas, cat wana, dan pensil. Penjualan produk dalam bentuk paket ini pastinya lebih menarik dan bisa mempercepat penjualan produk.

Tren peluang usaha UMKM di tahun 2021 ini tidak lepas dari adanya pemanfaatan teknologi digital ketika menjalankan aktivitas bisnis. Dalam mendorong UMKM untuk bisa masuk ke ranah digital pastinya perlu dukungan dari banyak pihak. Seperti halnya soal literasi kepada UMKM untuk survive terutama di masa pandemi ini. Mulai dari memberikan edukasi dan informasi kepada masing-masing UMKM, bagaimana memasarkanproduk secara online, serta memanfaatkan teknologi untuk mendukung operasional usaha mereka. Tentunya juga kemudahan bagi UMKM untuk mendapatkan akses pendanaan produktif.

Kegiatan seperti itulah yang nantinya akan menggerakan aktivitas usaha di kalangan pelaku usaha mikro dan ultramikro untuk bergerak menjadikan produk dari brand lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ketika semakin banyak platform yang diberikan akan memberikan ruang untuk brand lokal untuk mengoptimalkan pemasaran agar semakin diminati.

Peluang Usaha UMKM dari Ecodoe

Salah satu peluang usaha UMKM di tahun 2021 ini juga datang dari Ecodoe yang terus mendorong tumbuh kembang UMKM di Indonesia untuk bisa Go Digital melalui program Localaris. Program digitalisasi UMKM melalui Localaris ini mendukung para Kreator Lokal untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas melalui platform marketplace dari Ecodoe.

Bukan hanya membantu pelaku UMKM untuk Go Digital, tapi Ecodoe juga memiliki program pendampingan dan juga pelatihan lain mulai dari pelatihan dalam UMKM Inkubator, pinjaman dana dan modal usaha, promosi produk dan perluasan pasar, serta pengurusan legalitas usaha. Program digitalisasi UMKM bersama Localaris Ecodoe ini bisa diakses oleh semua Kreator UMKM Lokal secara GRATIS.

Sudah siapkan Anda mengambil peluang usaha UMKM di tahun 2021 ini? Segera gabung jadi Kreator Ecodoe dengan cara mengunjungi laman Kreator UMKM Localaris Ecodoe atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi Ecodoe UMKM di Playstore. Ayo gabung jadi Kreator Ecodoe sekarang juga!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top