5 Cara Membangun Jaringan Bisnis untuk UMKM!

5 Cara Membangun Jaringan Bisnis untuk UMKM!

Apakah Anda pelaku usaha UMKM tapi belum tahu bagaimana cara membangun jaringan bisnis yang tepat? Berikut ini akan diulas 5 strategi dan cara membangun jaringan bisnis untuk pelaku UMKM!

Suatu bisnis tentunya sangat dipengaruhi oleh seberapa luas dan berkualitas jaringan yang dimiliki. Melalui jaringan bisnis, para pemilik usaha bisa saling berbagi informasi, pengetahuan, bahkan juga jaringan bisnis lainnya. Tanpa adanya jaringan bisnis sulit rasanya untuk mengembangkan usaha di tengah persaingan yang semakin kompetitif.

Jaringan bisnis yang perlu kita bangun ini adalah jaringan yang sehat dan saling mendukung antara satu sama lain. Bukan tidak mungkin, lewat jaringan bisnis yang luas dan tentunya berkualitas kita bisa mencapai tujuan dan kesuksesan dengan lebih lancar dan lebih ringan. Inilah salah satu alasan kenapa membangun jaringan bisnis itu jadi satu hal penting yang harus kita lakukan dalam menjalankan sebuah usaha.

Pengertian Jaringan Bisnis

Jaringan bisnis adalah kerjasama usaha, akses, dan hubungan lain dengan pihak ketiga yang biasanya merupakan perusahaan lain, lembaga keuangan, atau lembaga lainnya yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara efektif dan efisien. Melalui jaringan bisnis tersebut suatu bisnis bisa mencapai produktivitas dan daya saing yang tinggi.

Pada akhirnya tujuan dari membangun jaringan bisnis adalah agar bisa mencapai keuntungan dan pertumbuhan bisnis yang diharapkan. Sementara, membangun jaringan bisnis itu merupakan cara yang strategis untuk mendukung keberlangsungan dan kemajuan usaha. Maka dari itu, sebagai seorang pelaku bisnis UMKM harus bisa membangun komunikasi ke banyak pihak yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan.

Pentingnya Membangun Jaringan Bisnis

Ketika Anda sebagai pebisnis UMKM bisa membangun jaringan bisnis yang luas dan berkualitas, tentunya akan ada banyak keuntungan dan manfaat yang didapatkan. Pertama, membangun jaringan bisnis itu bisa menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan. Melalui jaringan bisnis, antar pemilik usaha bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan bisnis. Dari situ akan didapatkan banyak informasi penting yang dapat memperbaiki pola manajemen bisnis. Selain itu, pengalaman pelaku usaha satu sama lain bisa menjadi inspirasi dan pelajaran berharga dalam berbisnis.

Kedua, manfaat membangun jaringan bisnis adalah untuk sarana berbagi informasi. Kemungkinan besar, Anda akan mendapatkan informasi yang relevan atau berkaitan dengan usaha yang Anda jalankan. Mulai dari informasi soal peluang, ancaman, tren, dan informasi bisnis lainnya. Ketiga, dengan membangun jaringan bisnis ini tentunya jadi medi promosi untuk usaha Anda. Akan terbuka lebar peluang untuk saling mempromosikan usaha yang dimiliki ke jaringan lainnya yang lebih luas. Sebab pada nyatanya setiap pelaku bisnis tentu sudah punya jaringan lain yang sudah terbangun sebelumnya.

Keempat, membangun kemitraan bisnis. Kemitraan yang bisa dibangun lewat jaringan bisnis akan sangat luas. Apakah itu mengarah pada kolaborasi, distribusi, persediaan stok, bahan baku, dan kemitraan lainnya. Kemudian manfaat membangun jaringan bisnis yang kelima adalah meningkatkan daya dukung sesama pelaku usaha. Dukungan merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis, baik dalam bentuk dukungan material ataupun non material.

Cara Membangun Jaringan Bisnis

Membangun jaringan berawal dari komunikasi dan hal ini memerlukan strategi yang tepat sehingga terbentuk jaringan bisnis yang luas dan juga berkualitas. Dalam membangun jaringan bisnis tersebut, ada beberapa cara membangun jaringan bisnis untuk UMKM.

1. Cari Banyak Kenalan

Jaringan bisnis bisa mulai dibangun melalui berbagai kegiatan, seperti acara pelatihan, seminar, atau acara lain yang memberikan kita peluang untuk bertemu banyak orang dari beragam latar belakang bisnis. Momen tersebut adalah kesempatan untuk kita memperbanyak kenalan dan membuka jaringan baru. Bisa jadi beberapa dari kenalan kita di acara tersebut bisa menjadi jaringan bisnis yang bisa mendukung perkembangan usaha UMKM yang kita jalankan.

2. Amati dan Tiru

Meniru langkah dan juga strategi bisnis dari orang-orang yang telah sukses menjalankan bisnis itu sangat diperlukan. Proses meniru ini akan membawa kita untuk bisa memahami dan menganalisa bagaimana tahapan dalam menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan. Begitu juga cara membangun jaringan bisnis yang tepat, meniru dari sosok role model kita dalam berbisnis bisa menjadi strategi yang jitu.

3. Siapkan Kartu Nama

Kartu nama punya peranan penting ketika kita ingin membangun jaringan bisnis. Meski kesannya sederhana, kartu nama merupakan alat penting yang bisa menjadi media yang memuat identitas kita untuk memperluas networking. Ketika berkenalan dengan rekan yang baru ditemui, jangan pernah lupa memberikan kartu nama. Saling bertukar kartu nama akan memberikan dampak yang besar, sebab di situ terdapat informasi yang memudahkan orang lain untuk menghubungi kita, begitupun sebaliknya.

4. Ikuti Perkumpulan

Peluang untuk kenal dengan orang baru dan menjadikannya sebagai jaringan bisnis akan lebih besar ketika kita memutuskan untuk mengikuti forum bisnis UMKM, perkumpulan, komunitas, ataupun organisasi. Ketika kita bergabung dengan suatu perkumpulan atau kelompok ini adalah cara yang efektif untuk membangun jaringan bisnis. Lewat kegiatan tersebut, kita punya peluang untuk mengenal lebih banyak orang yang kemungkinan mereka juga bisa menjadi jaringan bisnis yang bisa mendorong pertumbuhan usaha UMKM yang kita jalankan.

5. Gunakan Media Sosial

Sekarang sudah tersedia berbagai platform yang bisa menghubungkan kita untuk lebih dekat dengan orang lain tanpa dihalangi batasan ruang dan waktu yaitu melalui media sosial. Kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memperluas jaringan bisnis. Misalnya kita bisa mencoba berkenalan dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, tapi masih relevan dengan bisnis kita. Contohnya produk dapur, kita bisa mengikuti komunitas memasak yang ada di media sosial. Selain kita bisa menemukan insight baru soal bisnis, kitajuga bisa mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan target audiens kita.

Localaris UMKM Ecodoe

Cara Membangun Jaringan Bisnis bersama Localaris

Selain bisa menerapkan strategi dan cara membangun jaringan bisnis yang sudah dibahas di atas, ada juga cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengikuti program Localaris dari Ecodoe. Pada program Localaris Ecodoe ini nantinya kita akan bertemu dengan para pelaku UMKM lainnya dari berbagai latar belakang yang sama-sama memiliki visi dan misi untuk bertumbuh di era digital. Bukan hanya jaringan bisnis saja yang bisa kita dapatkan, tapi juga program pendampingan lainnya dari Localaris Ecodoe. Mulai dari pendanaan usaha, akses pasar, manajemen sumber daya manusia, pengembangan produk, hingga legalitas produk dan usaha.

Buat Anda yang ingin mengembangkan jaringan bisnis dan mendapatkan program pelatihan UMKM secara GRATIS, bisa bergabung menjadi Kreator Ecodoe dengan mengunjungi laman UMKM Localaris Ecodoe atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi Ecodoe UMKM di Playstore.

Tanpa dipungut biaya alias GRATIS! Bisnis Anda bisa terus berkembang dan menjadi UMKM Naik Kelas. Ayo gabung jadi Kreator Ecodoe sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top