Kenali Perbedaan Bahan Tas Belanja Ramah Lingkungan Blacu dan Kanvas Sebelum Membeli

perbedaan tas blacu dan kanvas

Bahan blacu dan kanvas merupakan bahan yang biasanya digunakan sebagai media melukis oleh seniman. Selain digunakan sebagai media melukis, kain blacu dan kanvas juga dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam kerajinan. Salah satu kerajinan tersebut yaitu tas belanja atau tote bag. Kini tas belanja mulai populer dikalangan masyarakat, ditambah dengan adanya peraturan dari pemerintah daerah yang melarang penggunaan kantong plastik pada toko swalayan. Hal tersebut membuat penggunaan tas belanja meningkat sebagai pengganti plastik dan menjadi tas ramah lingkungan.

Selain digunakan sebagai tas belanja, tas blacu dan tas kanvas dapat dijadikan sebagai media marketing atau media promosi. Tas blacu dan tas kanvas dipilih karena memiliki banyak kegunaan dan praktis, selain itu desain yang simpel dan stylish membuat penerima senang menggunakannya sehari-hari. Agar tas yang Anda cetak menjadi media marketing yang efektif, sebagai pelaku usaha ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal tersebut antara lain yaitu bahan, desain, dan ukuran. Saat menentukan desain dan ukuran penting bagi Anda untuk mengenal terlebih dahulu target market bisnis Anda, setelah itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Tahukah Anda perbedaan dari kedua bahan yang sering digunakan untuk membuat tas belanja?

Kain Blacu

definisi kain blacu

Kain blacu merupakan kain mentah (kain greige) yang belum melalui proses finishing. Tidak seperti kain yang ada pada umumnya, kain blacu tidak memiliki warna. Warna alami kain blacu merupakan warna murni atau asli. Hal tersebut karena kain blacu belum masuk ke tahap pewarnaan atau pemutihan. Warna murni kain blacu yaitu putih tulang atau kecoklatan. Kain blacu tidak hanya terbuat dari material katun saja, tetapi ada juga yang terbuat dari material berbeda seperti rayon dan polyester atau ada juga yang terbuat dair kombinasi dua material/serat yang berbeda. Hal tersebut membuat kain blacu memiliki berbagai jenis material, ukuran benang dan kerapatan penenunan.

Dalam industri tekstil, kain blacu sendiri sangat cocok dikreasikan untuk berbagai keperluan. Hal tersebut karena kain blacu memiliki sifat yang aman dan mudah untuk diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari seperti sebagai tas belanja, tas untuk bepergian, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Kain Blacu

tas blacu

Memanfaatkan kain blacu sebagai bahan utama pembuatan tas, membuat tas memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan tas yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan tas yang terbuat dari bahan blacu diantaranya :

  1. Bahan awet dan tidak mudah sobek

Tas blacu terkenal awet dan tidak mudah sobek, jenis tas blacu ini bahkan sama awetnya dengan tas kain katun untuk penggunaan normal. Karakteristik bahan blacu yang awet membuat tas blacu dapat membawa banyak barang sekaligus. Tas blacu juga menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti plastik karena bahannya sendiri yang tidak mudah sobek.

  1. Pilihan model yang bervariasi

Saat ini tas kain blacu banyak dijumpai dengan berbagai macam variasi model dan desain. Mulai dari model tote bag, goodie bag, hinnga drawstring bag yang memiliki ciri khas berbeda satu sama lain.

  1. Mudah dilipat dan dibawa
Tote Bag Lipat Blacu Ecodoe
Tote Bag Lipat Blacu

Selain awet dan bisa menampung banyak barang, tas blacu juga terkenal ringan, mudah dilipat dan bisa dibawa kemana saja. Tas blacu dapat dilipat dengan mudah hingga menjadi berbentuk kecil, jadi tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya. Tas blacu ukuran tertentu juga dapat dimasukkan ke dalam saku jaket atau celana ketika bepergian ke suatu tempat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menenteng tas blacu kosong saat aktivitas diluar rumah.

  1. Ramah lingkungan

Tas blacu termasuk dalam jenis kain yang ramah lingkungan. Hal tersebut karena bahan yang digunakan untuk membuat tas balcu memiliki rantai proses yang lebih pendek dibanding bahan tas lainnya, sehingga tidak banyak proses kimiawi yang digunakan dalam proses pewarnaan dan finishing.

  1. Masa pakai lebih lama

Tas blacu pada dasarnya memiliki masa pakai yang lama jika digunakan dan dirawat dengan cara yang tepat. Salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk memperpanjang masa pakai tas blacu yaitu tidak memberikan beban yang melebihi kapasitas sehingga bentuk tas juga tidak berubah.

  1. Warna khas dan tidak luntur

tas lipat blacu

Tas blacu umumnya memiliki warna yang sangat khas dan tidak akan luntur. Hal tersebut karena tas blacu belum memasuki proses pewarnaan setelah penenunan. Tas yang terbuat dari bahan lain terkadang warnanya akan luntur dan hal itu bisa membuat tampilan tas kurang bagus dilihat setelah dipakai dalam waktu lama.

  1. Bisa diwarnai sendiri

Tas blacu dapat dimodifikasi dan diwarnai sendiri sesuai selera Anda. Jika Anda sudah bosan memakai tas blacu polos dan desain yang kurang menarik, Anda bisa mewarnai tas blacu yang Anda miliki. Tas blacu dapat diwarnai dengan bahan pewarna alami maupun tekstil. Anda dapat mencoba melakukan teknik ombre untuk mewarnai tas blacu.

  1. Tidak menyebabkan alergi

Tas blacu aman digunakan untuk semua orang dari berbagai kategori usia karena umumnya tidak menimbulkan reaksi alergi atau gangguan kulit lainnya pada pemakainya. Hal tersebut karena proses kimiawi yang ada pada proses pembuatan tidak terlalu banyak. Namun, tetap harus diperhatikan kebersihan tas sebelum memakai supaya tidak ada alergi yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Harga terjangkau

pouch botol blacu

Tas blacu memiliki harga yang terjangkau. Umumnya tas blacu dijual dengan harga lebih rendah dibanding dengan tas dari bahan lainnya. Anda bisa menghemat budget dengan membeli tas blacu untuk keperluan acara Anda. Hal tersebut juga menjadi alasan banyak orang yang membeli tas blacu.

  1. Perawatan mudah

Keunggulan tas blacu selanjutnya yaitu perawatan tas blacu yang mudah. Anda dapat dengan mudah melakukan perawatan tas blacu Anda. Jika tas blacu yang Anda miliki sudah terlihat kotor karena terkena debu atau noda lainnya, Anda bisa mencucinya sendiri. Berikut hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat tas blacu, diantaranya :

  1. Jauhkan tas blacu Anda dari benda tajam yang memungkinkan membuat tas bolong atau sobek
  2. Perhatikan barang yang dibawa dalam tas blacu, pastikan barang yang Anda bawa tidak terlalu berat sehingga tidak merusak bentuk tas blacu Anda
  3. Hindari mencuci tas blacu Anda dengan merendam, hal tersebut dapat membuat serat blacu mudah lapuk dan tas menjadi tidak tahan lama
  4. Hindari menjemur tas blacu Anda dibawah matahari langsung, jemurlah tas blacu pada area yang agak teduh
  5. Simpan tas blacu Anda pada tempat yang tidak lembab, jika tas blacu disimpan pada tempat lembab akan tumbuh jamur yang merusak estetika tas.

Kelemahan Kain Blacu

Jenis Kain Kanvas dan Blacu
Jenis Kain Kanvas dan Blacu

Anda sudah mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh tas blacu. Dibalik kelebihan tersebut tentu saja ada kekurangan yang dimiliki oleh tas blacu. Beberapa kekurangan tas kain blacu yang perlu Anda ketahui diantaranya :

  1. Pilihan Warna Terbatas

Tas blacu memiliki warna yang sangat terbatas karena bahan dasarnya dipintal dari kapan murni tanpa penambahan bahan pewarna apapun

  1. Tekstur Bahan Sedikit Kasar

Tas blacu yang ditawarkan dengan harga murah biasanya memiliki kualitas kain yang sedikit lebih kasar dibandingkan dengan bahan tas lainnya

Kain Kanvas

definisi kain kanvas

Kain kanvas merupakan jenis kain yang memiliki serat tebal serta sifatnya sangat kuat. Awalny, kanvas lebih dikenal dan digunakan sebagai media melukis. Namun seiring perkembangan zaman, bahan ini semakin berkembang penggunaannya. Saat ini kanvas digunakan menjadi bahan dasar tas, sepatu, jaket, bahkan berbagai macam aksesoris. Hal tersebut dikarenakan kain kanvas ketebalannya sempurna untuk dimodifikasi.

Pada awalnya, kain kanvas terbuat dari jerami sehingga bahannya sangat kuat. Saat ini bahan dasar kanvas sudah berganti menjadi kapas atau linen. Namun hal tersebut tidak mengurangi kekuatan yang dimilliki kain kanvas. Saat ini kain kanvas menjadi bahan yang banyak digunakan juga sebagai bahan dasar tas bahan kanvas.

Keunggulan Kain Kanvas

kain kanvas

Saat ini, tas bahan kanvas umumnya dibuat dari bahan dasar katun atau linen. Bahkan, kanvas hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan. Penggunaan tas dari bahan kanvas banyak dibuat menjadi tas kanvas wanita. Tas kanvas juga dapat membuat penampilan Anda lebih keren jika di desain dengan baik. Berikut keunggulan tas bahan kanvas yang perlu Anda ketahui, yaitu :

  1. Mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau
  2. Memiliki kekuatan yang baik dan tidak mudah sobek
  3. Mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai jenis cat dan aksesoris jahit bahkan tempel
  4. Terdapat berbagai macam warna, mulai dari warna terang hingga warna gelap
  5. Sebagian bahan kanvas memiliki sifat kedap air

Kelemahan Kain Kanvas

kain kanvas

Anda sudah mengetahui keunggulan yang dimiliki tas bahan kanvas

  1. Memiliki harga yang cukup tinggi bagi sebagian jenis kain, khususnya yang berserat tinggi karena kekuatan yang dimilikinya sangat baik
  2. Pada jenis kanvas yang tebal akan kurang cocok atau sulit dikombinasikan dengan motif jahit
  3. Jenis kanvas tebal hanya cocok digunakan sebagai bagan sepatu dan tas, tidak pada pakaian dan aksesoris lainnya.

kain kanvas dan blacu

Demikian perbedaan tas belanja ramah lingkungan bahan blacu dan bahan kanvas. Semoga artikel ini dapat banyak membantu Anda dalam memilih bahan untuk tas belanja Anda. Jika Anda ingin membuat tas belanja ramah lingkungan untuk perusahaan Anda, Ecodoe siap membantu. Kunjungi www.ecodoe.com dan hubungi WhatsApp 0812-5000-0912 atau klik wa.me/6281250000912 untuk informasi harga dan penawaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top