3 Manfaat Google My Business untuk UMKM!

3 Manfaat Google My Business untuk UMKM!

Inilah 3 manfaat google my business untuk meningkatkan penjualan bisnis umkm secara mudah dan cepat tanpa dipungut biaya!

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan google my business. Melalui layanan tersebut memudahkan kita terhubung dengan produk atau bisnis yang kita cari. Manfaat google my business untuk umkm pastinya ada banyak, terutama untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Sekarang sudah makin banyak alat pemasaran digital yang bisa mendukung kegiatan bisnis umkm. Salah satunya adalah google my business atau biasa disingkat GMB yang muncul pada tahun 2014. Satu dari sekian produk Google ini diciptakan untuk memudahkan bisnis lokal ditemukan pada mesin pencarian Google.

Awal Kemunculan Google My Busines

Google my business merupakan bagian dari perubahan besar daftar sponsor dan direktori Google dibandingkan dengan sebelumnya. Manfaat google my business ini membuka peluang bagi para pemilik bisnis termasuk pelaku umkm untuk mendapatkan visibilitas yang layak dan sesuai di Google dengan akses yang mudah. Kalau dilihat, sekarang ini hampir sebagian besar pengguna internet akan mencari suatu informasi tentang berbagai topik melalui mesin pencarian google. Termasuk juga ketika mencari informasi mengenai suatu produk atau jasa dari suatu bisnis.

Tidak heran kalau manfaat google my business untuk umkm pastinya sangat menguntungkan apalagi untuk usaha yang baru dirintis. Google my business akan memberikan layanan untuk pelaku umkm supaya titik lokasi bisnisnya bisa dicantumkan pada Google Maps. Selain itu bisnisnya bisa muncul di penelusuran Google. Dari manfaat google my business ini pelaku umkm bisa menampilkan informasi penting seputar bisnis yang dijalankan. Mulai dari deskripsi, produk apa saja yang tersedia berserta foto dan video, jam operasional, kontak bisnis, dan situs web atau tautan lainnya.

Ketika bisnis yang dijalankan hanya mengandalkan penjualan online dan tidak memiliki toko offline, maka manfaat google my business juga masih bisa didapatkan. Google my business dijadikan alat pemasaran digital supaya traffict ke toko online makin meningkat. Manfaat google my business untuk toko offline juga tidak kalah penting. manuntuk menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan calon konsumen pada produk dan bisnis yang dijalankan.

Manfaat Google My Business

Salah satu dampak positif dari adanya perkembangan teknologi yang cepat adalah para pelaku umkm bisa lebih mudah dan cepat dalam mempromosikan produk dan layanan yang ditawarkan. Search Engine Watch menyebutkan ada sekitar 50% pengguna ponsel pintar untuk pencarian kemudian berakhir pada mengunjungi suatu situs bisnis. Sekarang sudah hampir semua orang terkoneksi di internet melalui ponsel pintar. Hal ini pastinya membuka peluang penjualan secara organik melalui google my business dengan hasil yang menjanjikan.

Ketika pelaku umkm membuat, memverifikasi, dan mampu mengoptimalkan akun google my business dengan tepat maka potensi dan kesempatan untuk mendatangkan banyak keuntungan lebih besar. Inilah alasan utama kenapa pelaku umkm harus memanfaatkan layanan google my business dengan maksimal. Inilah beberapa manfaat google my business untuk bisnis umkm.

1. Bebas Biaya dan Akses Mudah

Salah satu produk Google ini bisa diakses tanpa dipungut biaya alias gratis dan mudah untuk digunakan serta dikelola termasuk untuk para pebisnis pemula. Dalam membuat dan memverifikasi profile google my business bisa diakukan dalam waktu singkat. Google my business punya fitur yang dapat membantu menganalisa performas situs, sehingga kita bisa mencari cara untuk meningkatkan peringkat bisnis kita di mesin pencarian. Manfaat google my business dalam memudahkan para pebisnis pemula dan umkm lokal dalam mempromosian produk tentunya bisa poin penting. Dari google my business ini bisa meningkatkan visibilitas dan peluang umkm muncul di hasil pencarian teratas Google.

Dari manfaat google my business ini juga bisa membantu calon pelanggan untuk dengan mudah dan cepat untuk menemukan dan terhubung dengan produk ataupun bisnis yang mereka cari. Google my business ini adalah alat pemasaran digital yang bisa digunakan secara gratis untuk meningkatkan eksistensi bisnis umkm di ekosistem digital, terkoneksi dengan pelanggan, dan tentunya bisa meningkatkan penjualan.

2. Lokasi Bisnis di Google Maps

Coba kita perhatikan daftar nama bisnis yang muncul tepat di halaman atas saat mencari sebuah tempat pada mesin pencarian google, itu disebut dengan local pack. Jadi local pack ini akan menempati letak yang sangat startegis di halaman utama hasil penelusuran mesin pencarian Google. Local pack Ini adalah hal pertama yang akan dilihat pengguna Google setelah mereka mengetikkan kata atau kalimat pada search engine. Tentunya hal tersebut memungkinkan pengguna internet untuk bisa melihat dan membaca informasi yang mereka butuhkan secara sekilas.

Local pack adalah sebuah halaman hasil mesin pencari atau seravh engine result page (SERP) yang menampilkan tempat terkait dengan pencarian kata atau kalimat. Pada local pack juga mencakup sekumpulan informasi relevan dan bekaitan lainnya yang mungkin ingin diakses oleh pengguna internet. Contohnya seperti di mana letak atau lokasi bisnis, nomor kontak atau media sosial, waktu operasional, ulasan pelanggan, foto produk, dan informasi yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

3. Manfaat Google My Business untuk Ulasan Pelanggan

Satu musuh terasa lebih banyak dibandingkan dengan seribu teman. Hal ini juga berlaku dalam menjalankan bisnis. Salah satu ancaman yang bisa menimbulkan musuh atau haters pada bisnis kita adalah ulasan buruk dari konsumen. Kita tidak boleh meremehkan ulasan dari pelanggan, terutama pada lingkup digital.

Studi yang dilakukan situs Moz menyatakan bahwa ulasan secara online bisa membentuk 10% dari bagaimana mesin pencari memberikan peringkat di halaman pencarian. Dari situ calon konsumen bisa membaca ulasan dari konsumen lain yang sudah membeli atau berhubungan dengan produk dan bisnis kita sesuai dengan pengalaman mereka. Sekali saja kita tidak memberikan pelayanan yang baik pada konsumen, mereka akan dengan mudah memberikan ulasan buruk dan yang pasti akan merugikan bisnis kita.

Maka dari itu berikan pelayanan dan kesan terbaik untuk setiap konsumen supaya mereka secara sukarela memberikan ulasan positif. Sebab tidak sedikit orang yang mengandalkan ulasan suatu bisnis dan produk sebelum membuat keputusan membelli. Makin banyak ulasan positif, semakin besar juga keputusan pembelian diambil oleh calon pelanggan.

Satu hal yang harus diingat bahwa bisnis dengan pelayanan dan kualitas terbaik tetap punya peluang mendapatkan ulasan negatif. Jangan terima kritik atau ulasan negatif tersebut secara pribadi, justru jadikanlah untuk bahan evaluasi. Ulasan negative ketika digunakan dengan tepat bisa memberikan informasi yang berguna untuk mendorong kemajuan bisnis.

Itulah tiga manfaat google my business untuk mengembangkan usaha atau bisnis umkm. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis umkm makin Naik Kelas! Simak informasi menarik soal strategi pemasaran bisnis umkm lainnya hanya di ecodoe.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top