Manfaat Menulis dengan Tangan untuk Otak

Kapan terakhir Anda menulis di atas kertas memakai pulpen? Di era modern seperti sekarang, kebanyakan orang mulai malas menulis dengan tangan. Banyak yang lebih memilih mengetik dengan keyboard dibandingkan menulis dengan tangan. Hal ini disebabkan karena mengetik dinilai lebih cepat. Selain itu, menulis dengan tangan bisa saja dianggap sudah ketinggalan zaman dengan adanya laptop, PC, dan aplikasi menulis. Nah, berikut manfaat menulis dengan tangan untuk otak, seperti dilansir dari Mashable. 

1. Menenangkan Kegugupan

“Menulis kalimat, seperti ‘hidup saya akan lebih damai’ setidaknya 20 kali sehari bisa berdampak baik bagi psikologi orang, terutama yang memiliki gangguan kurang perhatian. Itu karena menulis dapat menenangkan otak Anda dan sebaiknya dilakukan di malam hari. Menulis bisa membuat Anda lebih fokus, yang secara alami melepaskan gangguan dari otak Anda. 

2. Mengkoordinasikan Otak Kiri dan Otak Kanan

Saat menulis ada banyak cara untuk menghasilkan bentuk tulisan. Menulis letter atau menulis indah bisa membantu Anda mengordinasikan otak kiri dan kanan. Cara ini diyakini dapat membantu meningkatkan kemampuan otak. 

3. Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Kemampuan kognitif adalah bagaimana cara otak kita bernalar. Ini mencakup bagaimana kita membaca, memperhatikan, belajar dan memecahkan masalah serta mengingat untuk jangka panjang. Fungsi kognitif ini sudah berkembang sejak masa kanak-kanak. Menulis manual bisa meningkatkan kemampuan ini. Karena saat menulis, kita melakukan lebih banyak gerakan dalam membentuk huruf-huruf. Gerakan ini mulai dari jari, pergelangan tangan hingga ke bagian lengan. Sehingga otak terstimulasi banyal. Sedangkan mengetik hanya membutuhkan satu sentuhan saja untuk berbagai jenis huruf yang ada. 

4. Meningkatkan Kreativitas

Menulis membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra dibanding mengetik, hal itu bagus untuk merangsang kreativitas Anda. Orang yang menulis tangan juga punya ‘font’nya masing-masing, dan tidak ada yang sama satu dengan yang lain. 

5. Meningkatkan Memori

Jika Anda pernah merasa blank, hal itu karena otak yang overload. Ini bisa direfresh dengan cara menulis. Penelitian yang dilakukan psikolog dari Princeton dan Universitas California, Los Angeles, Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer, menguji efek menulis catatan pada mahasiswa dalam dua seri percobaan. Dibuktikan bahwa mahasiswa yang menulis dengan tangan jauh lebih baik dalam kualitas belajar. Pergerakan saat menulis dengan tangan, dianggap seperti meninggalkan memori (daya ingat) pada bagian sensormotor otak. Sehingga membantu orang mengenal huruf dan membangun hubungan antara membaca dan menulis. 

Nah, itulah beberapa manfaat menulis menggunakan tangan. Untuk menulis, pastinya Anda membutuhkan pulpen. Jika Anda sedang mencari  souvenir untuk diberikan kepada peserta webinar, Ecodoe siap membantu.  Silakan cek www.ecodoe.com atau hubungi kami di WhatsApp 0812-5000-0912, untuk informasi harga dan pemesanan souvenir dan  merchandise sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.   

 

Referensi : 

Kumparan.com

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *