Yuk Ikut Pelatihan UMKM Gratis untuk Kembangin Bisnis!

Yuk Ikut Pelatihan UMKM Gratis untuk Kembangin Bisnis!

Pelatihan UMKM jadi program penting yang harus diikuti oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Bukan tanpa alasan, dengan mengikuti program pelatihan UMKM tentunya akan semakin memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan dalam menjalankan bisnis. Siapa sih yang tidak ingin bisnisnya mengalami perkembangan dan juga kemajuan? Pasti semua orang mau, termasuk para pelaku UMKM.

Di era industri 4.0 ini menuntut kita untuk bisa memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Seperti halnya dalam menjalankan bisnis. Sudah banyak tersedia platform digital yang bisa menunjang pertumbuhan bisnis yang kita jalankan. Seperti halnya e-commerce dan marketplace yang membuat perkembangan bisnis UMKM semakin pesat. Sifat UMKM yang dapat tumbuh dengan cepat membuat banyak ruang bagi pencari lowongan kerja. Hal inilah yang mendasari konsen pada perkembangan UMKM semakin besar untuk menjaga dan meningkatkan kondisi ekonomi Indonesia.

Manfaat Pelatihan UMKM

Tidak dapat dipungkiri bahwa ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari dukungan UMKM. Oleh karena pentingnya UMKM ini maka perlu dilakukan pelatihan UMKM dengan tujuan untuk menunjang keberlangsungan UMKM di Indonesia dan membantu mereka mengatasi berbagai permasalah yang ada. Mulai dari aspek pengelolaan atau manajemen hingga aspek permodalan yang dibutuhkan. Dari adanya pelatihan UMKM ini tentunya akan memunculkan banyak manfaat seperti.

Kendala Pendanaan UMKM

1. Mendapatkan Mentor Bisnis

Dalam pelatihan UMKM akan menghadirkan mentor sebagai pendamping ataupun pemateri dalam kegiatan pelatihan. Kesempatan ini merupakan kesempatan yang bisa dimanfaatkan betul oleh para pelaku UMKM untuk belajar langsung dari ahlinya. Pengalaman dari para mentor yang dipilih juga bisa mempersingkat waktu pemilik usaha untuk belajar melalui pengalaman.

Tentunya para mentor akan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi sekaligus membantu menyusun strategi dan konsep bisnis untuk usaha kecil menengah. Melalui pelatihan UMKM seperti inilah para pelaku UMKM bisa mendapatkan role mode dalam menjalankan bisnisnya. Sebab kehadiran mentor ini akan sangat membantu pelaku UMKM di Indonesia untuk lebih cepat berkembang dan bisa menjalankan usaha dengan optimal dan efektif.

2. Produktifitas Meningkat

Melalui pelatihan UMKM diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun peningkatan manajerial. Melalui pelatihan bisnis terutama peningkatan ketrampilan, pelaku UMKM akan dibimbing untuk meningkatkan produktivitas produksi sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Dari pelatihan UMKM juga mampu melatih keterampilan manajerial dari pelaku UMKM dimana akan diberikan pelatihan tentang bagaimana pemecahan masalah-masalah yang dapat menganggu produktivitas usaha. Pelatihan seperti ini tujuannya supaya pelaku UMKM mampu menggali potensi dan kemampuan mereka sehingga dapat independen dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi.

3. Manajemen Keuangan Optimal

Usaha Mikro Kecil Menengah umumnya dimulai dengan modal yang kecil. Modal ini harus dioptimalkan untuk segala macam hal operasional dari usaha. Tapi kendala bagi pelaku UMKM adalah pengaturan keuangan yang belum terstruktur dengan rapi. Hal ini tentu akan berdampak jangka panjang terhadap kelangsungan bisnis UMKM itu sendiri.

Melalui pelatihan UMKM inilah dapat diajarkan bagaimana membuat pembukuan yang terstruktur, cashflow dan konsep keuangan yang rapi. Sehingga dengan data statistik yang dihasilkan memudahkan bagi pelaku UMKM untuk melihat perkembangan usahanya, progress piutang dan utang serta keseluruhan profitnya dapat dihitung dengan baik. Jika perhitungan laba rugi dan pembukuan tidak jelas maka tanpa disadari, bisnis juga akan mengalami penurunan. Inilah kenapa pelatihan UMKM soal manaemen keuangan usaha itu penting.

4. Pemanfaatan Teknologi

Pada kegiatan pelatihan UMKM tidak hanya diajarkan tentang operasional dan teknis saja tapi juga soal teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk bisa menjalankan bisnis dengan efektif dan juga efisien. Tidak hanya dari segi peralatan tapi juga dari segi pemasaran seperti contohnya membawa UMKM ke ranah digital. Begitu juga pelatihan soal bagaimana merambah ke dunia digital seperti e-commerce dan marketplace. Optimasi penggunaan e-commerce dan media sosial dapat dilakukan agar UMKM di Indonesia bisa tumbuh dan berkembang pesat.

Pelatihan UMKM Bersama Ecodoe

Penyelenggara pelatihan UMKM sekarang ini tidak terbatas hanya dari pemerintah saja. Tapi juga pihak lain yang memang punya konsen untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Termasuk salah satunya adalah Ecodoe melalui program pelatihan UMKM bernama Localaris.

Ecodoe merupakan pusat B2B e-procurement atau pengadaan produk souvenir dan kebutuhan event serta korporat sejak tahun 2016 yang memiliki fokus dalam bekerjasama dengan jaringan kreator lokal yang berada di seluruh Indonesia. Komitmen Ecodoe adalah untuk memberdayakan UMKM kreator lokal mendapatkan kesempatan terbaik untuk mengembangkan bisnisnya melalui program pelatihan UMKM Localaris.

Localaris ini adalah inkubasi UMKM yang digagas oleh Ecodoe berupa program pelatihan umkm di Indonesia untuk Naik Kelas dengan memberikan sarana pengembangan wawasan dan juga teknis untuk mendukung keberlangsungan usaha yang lebih baik dan berkelanjutan. Aspek yang menjadi perhatian utama dalam program pelatihan umkm Naik Kelas LOCALARIS ini adalah finansial dan legalitas, branding dan kualitas produk, serta pengembangan sumber daya manusia atau SDM.

Program Localaris UMKM Ecodoe

Sebagai program pelatihan umkm, Localaris Ecodoe akan membantu UMKM dari seluruh Indonesia untuk berkembang dan menjadikan bisnisnya menguntungkan serta berkelanjutan. Beberapa aspek yang akan didampingi oleh Ecodoe untuk UMKM di Indonesia adalah :

1. Branding dan Kualitas Produk

Produk dari UMKM juga perlu dibranding dengan tepat. Melalui LOCALARIS, Ecodoe punya tujuan untuk menjadikan para Kreator UMKM lokal untuk bisa memproduksi produk yang berkualitas dan punya nilai jual tinggi. Ketika produk yang dihasilkan berkualitas, nantinya nilai yang melekat pada produk juga akan semakin kuat.

Selain itu penggunaan alat pemasaran yang tepat juga mendukung proses branding produk. Maka dari itu Kreator UMKM yang tergabung dengan Ecodoe akan diberikan platform pemasaran untuk produk-produknya melalui aplikasi Ecodoe UMKM. Di aplikasi Ecodoe UMKM, para Kreator yang tergabung punya kesempatan untuk memenangkan proyek karena profil usaha mereka ditayangkan di aplikasi.

2. Finansial dan Legalitas Usaha

Kendala finansial seringkali dialami oleh UMKM. Bukan hanya persoalan modal atau pendanaan tapi juga manajemen keuangan usaha yang juga perlu dibenahi supaya lebih baik. Di program LOCALARIS Ecodoe, para UMKM yang tergabung dalam program pendampingan ini akan benar-benar diberikan bekal berupa wawasan dan teknis bagaimana mengelola finansial usaha dengan tepat.

Selain aspek finansial, di awal pembentukan usaha kadang pelaku UMKM belum memiliki legalitas usaha. Padahal hal ini sangat penting untuk pengembangan bisnisnya. Nantinya para mentor LOCALARIS Ecodoe akan memberi masukan tentang aspek legalitas dan perizinan, termasuk persyaratan yang harus dipenuhi dan prosedur yang ditempuh dalam proses pengurusannya.

3. Pengembangan SDM

Tidak jarang dalam memulai usaha, pelaku UMKM masih minim dalam memiliki pengetahuan dan pengalaman soal SDM dan kompetensi kewirausahaan. Hal itu akan berdampak pada rendahnya produktivitas baik di segi usaha maupun tenaga kerja. Di Ecodoe, para Kreator UMKM akan memberikan pendampingan dalam mengembangkan kompetensi di bidang SDM sehingga bisa dibenahi dan dimaksimalkan.

Aplikasi UMKM EcodoePelatihan Go Digital & Scale Up With Whatsapp 2021. Pelatihan. Gratis. Pandemi Covid19 memberi dampak pada penurunan ekonomi di Indonesia, UMKM salah satu …

Mau Ikut Pelatihan UMKM Gratis?

Buat Anda yang ingin mendapatkan program pelatihan UMKM secara GRATIS, bisa bergabung menjadi Kreator Ecodoe dengan mengunjungi laman UMKM Localaris Ecodoe atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi Ecodoe UMKM di Playstore.

Tanpa dipungut biaya alias GRATIS! Bisnis Anda bisa terus berkembang dan menjadi UMKM Naik Kelas. Ayo gabung jadi Kreator Ecodoe sekarang juga!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top