Pendampingan UMKM, Solusi untuk Bisnis Anda Naik Kelas!

Pendampingan UMKM, Solusi untuk Bisnis Anda Naik Kelas!

Pendampingan UMKM di Indonesia saat ini sudah semakin progresif. Banyak strategi yang dilakukan pemerintah maupun swasta dalam mendorong UMKM untuk terus berkembang. Perkembangan bisnis pastinya menjadi hal yang diinginkan oleh setiap pelaku usaha termasuk para UMKM. Banyak aspek yang dapat memengaruhi berkembangnya suatu bisnis salah satunya adalah pendampingan UMKM supaya bisa naik kelas. Pendampingan UMKM ini bisa dilakukan secara perorangan ataupun lembaga yang memang punya perhatian khusus terhadap pengembangan UMKM di Indonesia.

Kenapa Pendampingan UMKM Itu Penting?

Pada dasarnya setiap usaha ataupun bisnis yang dijalankan akan mengalami banyak masalah dan juga tantangan. Mulai dari persoalan modal atau biaya, manajemen keuangan dan sumber daya manusia, pengembangan produk, produksi, dan pemasaran. Kegiatan pendampingan UMKM naik kelas inilah yang akan mendukung para pelaku UMKM dapat mengatasi masalah dan juga tantangan yang dihadapi dalam menjalakan usahanya untuk bisa tetap bertahan, bertumbuh, dan menjadi bisnis yang berkelanjutan. Inilah beberapa alasan kenapa pendampingan UMKM naik kelas itu penting.

1. Memotivasi UMKM

Mungkin motivasi adalah hal yang klise bagi sebagian orang, tapi motivasi itu justru adalah alasan utama suatu bisnis dapat terus bertumbuh. Dalam hal pendampingan UMKM, motivasi yang diperlukan bukanlah iming-iming soal kesuksesan itu dekat dan mudah didapatkan. Tapi lebih kepada motivasi untuk menumbuhkah kemauan untuk belajar, kepercayaan diri, dan semangat berjuang untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam menjalankan usaha.

Motivasi dapat dijadikan stimulus untuk para pelaku UMKM supaya punya pemantik semangat. Selain itu, ketika pun mengalami kegagalan dalam proses mereka, tentunya kesiapan untuk melewati hal tersebut lebih matang. Ketika sudah memiliki motivasi, mental sebagai seorang entreprenur juga akan tumbuh. Jadi dalam perjalanannya, pelaku UMKM dipersiapkan untuk bisa menghadapi tantangan dalam berbisnis.

2. Memberikan Solusi yang Tepat

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya akan dihadapi banyak persoalan dan juga tantangan. Termasuk juga ketika menjalankan bisnis UMKM. Tiap pelaku UMKM memiliki masalahnya masing-masing, tapi tidak banyak dari mereka yang bisa menemukan solusi tepat. Maka dari itu, dari kegiatan pendampingan inilah UMKM bisa difasilitasi untuk menemukan solusi atas permasalahan yang ditemui dengan tepat.

Pendampingan UMKM naik kelas dapat mempermudah pelaku usaha untuk berkomunikasi dan juga berkonsultasi secara intensif dengan mentor atau pendamping mereka yang tentunya punya solusi jitu untuk bisa diterapkan. Ketika banyak pihak baik lembaga ataupun perorangan dapat memberikan ruang yang lebar terhadap kegiatan pendampingan, maka hal ini juga akan lebih menguntungkan para pelaku UMKM itu sendiri.

3. Membantu UMKM Berkembang

Cara kerja dalam membantu UMKM untuk berkembang salah satunya adalah memfasilitasi mereka terhubung dengan pihak pemangku kepentingan. Pelaku UMKM tentunya butuh kerjasama dengan banyak pihak berbagai pihak mulai dari pemasok, lembaga keuangan, pemerintah pusat atau daerah, dan juga pihak lain dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan untuk perkembangan bisnis yang mereka jalankan.

Setelah terhubung dengan banyak pemangku kepentingan, dalam proses pendampingan UMKM naik kelas juga punya tujuan untuk menaikkan omset. Dalam menaikkan omset penjualan diperlukan rumusan komunikasi dalam berbagai pandangan yang melibatkan konsultan atau mentor pendamping UMKM sehingga akan dihasilkan sebuah strategi yang tepat.

Pendamping UMKM Naik Kelas

Peranan pendamping UMKM juga jadi faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan UMKM naik kelas. Bukan tanpa alasan, sebab pendamping punya banyak peran dalam kegiatan pendampingan UMKM. Mulai dari peran sebagai motivator, konsultan bisnis, membantu UMKM dalam mengakses pendanaan dan pembiayaan, ikut menjadi agen dalam mempromosikan produk-produk unggulan UMKM, serta peningkatan kualitas UMKM lewat pelatihan bisnis, manajerial, dan perluasan jaringan pemasaran UMKM.

Sebagai pendamping, suatu lembaga ataupun perseorangan pastinya harus memiliki kemampuan yang sesuai. Setidaknya ada beberapa kriteria pendamping yang tepat untuk mendorong UMKM Naik Kelas seperti kemampuan advokasi, konsultasi dan sosialisasi. Kalau dijabarkan lebih luas, pendamping UMKM juga harus memiliki pengetahuan serta keahlian yang memadai, rasa memiliki, serta berintegritas. Maka dari itu, untuk Anda pelaku bisnis UMKM yang ingin mendapatkan pendampingan supaya bisnis naik kelas, perlu mencari lembaga atau perorangan yang punya program pendampingan UMKM. Salah satu yang bisa Anda ikuti dan pilih adalah Ecodoe yang punya program pendampingan UMKM Naik kelas.

Pendampingan UMKM Naik Kelas Bersama Ecodoe

Ecodoe adalah pusat B2B e-procurement atau pengadaan produk souvenir dan kebutuhan event serta korporat sejak tahun 2016 yang memiliki fokus dalam bekerjasama dengan jaringan kreator lokal yang berada di seluruh Indonesia. Komitmen Ecodoe adalah untuk memberdayakan UMKM kreator lokal mendapatkan kesempatan terbaik untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya adalah melalui program pendampingan UMKM Naik Kelas : LOCALARIS.

LOCALARIS ini adalah inkubasi UMKM yang digagas oleh Ecodoe berupa program pendampingan UMKM di Indonesia untuk Naik Kelas dengan memberikan sarana pengembangan wawasan dan juga teknis untuk mendukung keberlangsungan usaha yang lebih baik dan berkelanjutan. Aspek yang menjadi perhatian utama dalam program pendampingan UMKM Naik Kelas LOCALARIS ini adalah finansial dan legalitas, branding dan kualitas produk, serta pengembangan sumber daya manusia atau SDM.

Program LOCALARIS Ecodoe

Mau Gabung Jadi Kreator Ecodoe?

Sebagai program pendampingan UMKM, LOCALARIS Ecodoe akan membantu UMKM dari seluruh Indonesia untuk berkembang dan menjadikan bisnisnya menguntungkan serta berkelanjutan. Beberapa aspek yang akan didampingi oleh Ecodoe untuk UMKM di Indonesia meliputi :

1. Finansial dan Legalitas Usaha

Kendala finansial seringkali dialami oleh UMKM. Bukan hanya persoalan modal atau pendanaan tapi juga manajemen keuangan usaha yang juga perlu dibenahi supaya lebih baik. Di program LOCALARIS Ecodoe, para UMKM yang tergabung dalam program pendampingan ini akan benar-benar diberikan bekal berupa wawasan dan teknis bagaimana mengelola finansial usaha dengan tepat.

Selain aspek finansial, di awal pembentukan usaha kadang pelaku UMKM belum memiliki legalitas usaha. Padahal hal ini sangat penting untuk pengembangan bisnisnya. Nantinya para mentor LOCALARIS Ecodoe akan memberi masukan tentang aspek legalitas dan perizinan, termasuk persyaratan yang harus dipenuhi dan prosedur yang ditempuh dalam proses pengurusannya.

2. Branding dan Kualitas Produk

Produk dari UMKM juga perlu dibranding dengan tepat. Melalui LOCALARIS, Ecodoe punya tujuan untuk menjadikan para Kreator UMKM lokal untuk bisa memproduksi produk yang berkualitas dan punya nilai jual tinggi. Ketika produk yang dihasilkan berkualitas, nantinya nilai yang melekat pada produk juga akan semakin kuat.

Selain itu penggunaan alat pemasaran yang tepat juga mendukung proses branding produk. Maka dari itu Kreator UMKM yang tergabung dengan Ecodoe akan diberikan platform pemasaran untuk produk-produknya melalui aplikasi Ecodoe UMKM. Di aplikasi Ecodoe UMKM, para Kreator yang tergabung punya kesempatan untuk memenangkan proyek karena profil usaha mereka ditayangkan di aplikasi.

3. Pengembangan SDM

Tidak jarang dalam memulai usaha, pelaku UMKM masih minim dalam memiliki pengetahuan dan pengalaman soal SDM dan kompetensi kewirausahaan. Hal itu akan berdampak pada rendahnya produktivitas baik di segi usaha maupun tenaga kerja. Di Ecodoe, para Kreator UMKM akan memberikan pendampingan dalam mengembangkan kompetensi di bidang SDM sehingga bisa dibenahi dan dimaksimalkan.

Mau gabung jadi Kreator Ecodoe?

Buat Anda yang ingin mendapatkan program pendampingan UMKM secara GRATIS, bisa bergabung menjadi Kreator Ecodoe dengan mengunjungi laman Kreator UMKM Localaris Ecodoe atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi Ecodoe UMKM di Playstore. Tanpa dipungut biaya, bisnis Anda bisa terus berkembang dan menjadi UMKM Naik Kelas. Ayo gabung jadi Kreator Ecodoe sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top