3 Strategi Psikologi Harga Buat UMKM Bikin Omset Meroket!

Strategi Psikologi Harga Buat UMKM Bikin Omset Meroket!

Apakah Anda pelaku UMKM yang ingin meningkatkan penjualan? Pahami dulu strategi psikologi harga untuk menaikkan omset usaha berikut ini!

Strategi psikologi harga adalah salah satu hal yang harus dipahami betul oleh setiap pelaku usaha. Dalam dunia bisnis, strategi psikologi harga juga berkaitan erat dengan bagaimana kita memberikan kesan yang baik pada calon konsumen. Untuk membangun kesan baik, yang perlu kita lakukan adalah dengan membangkitkan emosi pada calon konsumen. Secara umum teknik-teknik marketing itu digunakan untuk menjual suatu produk kepada konsumen bukan sekadar untuk memenuhi kebutuhan, tapi lebih dari itu untuk menciptakan kesan bahwa suatu produk bisa memiliki value yang lebih dan melekat dengan sisi emosional si konsumen itu sendiri.

Kenapa Strategi Psikologi Harga Itu Penting?

Dalam jurnal.id disebutkan bahwa menurut ahli neuroscience, emosi itu merupakan unsur yang diperlukan dan paling berpengaruh pada keputusan aktivitas pembelian seseorang. Sebab sebelum melakukan pembelian, seseorang akan lebih dulu menimbang beberapa hal. Mulai dari apa fungsi barang atau produk yang akan dibeli, bagaimana spesifikasinya, dan juga hal teknis lain yang nantinya akan dikalahkan oleh sisi emosional seorang pembeli.

Jadi akan lebih baik ketika kita memberitahu calon konsumen bagaimana produk yang kita tawarkan akan membuat mereka merasa nyaman, senang, dan puas ketika memilikinya. Daripada kita memberi tahu betapa hebatnya produk kita ke konsumen dengan menunjukkan spesifikasi dan fitur apa saja dari produk tersebut. Saat kita bisa membangkitkan sisi emosional para calon konsumen, mereka akan lebih cenderung membentuk koneksi dengan produk kita. Tentu saja hal ini akan membawa kita pada peningkatan penjualan produk. Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya? Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menerapkan strategi psikologi harga.

Membangun Strategi Psikologi Harga

Pada dasarnya ada beberapa strategi psikologi harga yang bisa diterapkan untuk bisnis UMKM yang kita jalankan. Pastinya dengan pertimbangan disesuaikan dengan jenis produk yang kita jual. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa strategi psikologi harga ini akan berkaitan dengan bagaimana cara kita membangkitkan emosi calon konsumen yang akan dibidik. Berikut ini tiga strategi psikologi harga yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis UMKM yang kita jalankan.

1. Strategi Price Anchoring

Cara terbaik yang dilakukan untuk menjual produk harga 3 juta adalah dengan menempatkan produk tersebut di sebelah produk yang harganya 2 juta. Coba kita ambil contoh, ada smartphone merek X tipe 1 harganya 3 juta dan merek X tipe 2 harganya 2 juta. Spesifikasi produk di antara keduanya hampir sama, bedanya adalah di bagian ukuran layar, prosesor, dan juga ram. Dengan selisih harga yang relatif sedikit, kebanyakan orang akan membeli smartphone X tipe 1. Pertimbangannya adalah ukuran layar lebih lebar, ram lebih besar, dan prosesor lebih bagus. Hanya dengan menambahkan sedikit uang, sudah bisa mendapatkan produk dengan spesifikasi yang lebih bagus.

Strategi psikologi harga seperti ini disebut dengan price anchoring, yang merupakan kecenderungan seseorang untuk menangkap dan menggunakan informasi pertama ketika melakukan pembelian. Jadi strategi price anchoring ini bisa diterapkan dengan menempatkan produk atau layanan premium yang kita miliki di dekat pilihan standar yang bisa membantu menciptakan kesan dan value produk yang lebih jelas bagi calon konsumen. Di mana calon konsumen akan melihat pilihan yang lebih murah sebagai pengganti atau pilihan kedua.

2. Strategi Psikologi Harga Product Bundling

Ada studi dari Universitas Stanford pada tahun 2007 yang dikutip dari jurnal.id bahwa suatu harga yang dipatok tinggi akan menimbulkan efek sakit yang dirasakan seseorang ketika mereka membeli suatu produk. Maka dari itu untuk mengurangi efek tersebut terciptalah strategi psikologi harga dengan product bundling. Strategi ini dilakukan dengan menawarkan item produk yang dibeli secara bersamaan dalam satu paket untuk mengurangi efek sakit dibandingkan dengan menawarkan produk yang langsung dipatok harga tinggi.

Jadi product bundling ini merupakan sebuah strategi pemasaran produk di mana produk yang ditawarkan dikelompokkan bersama menjadi dua atau lebih dalam satu paket kemasan penjualan dalam satu harga. Dengan strategi ini harga produk akan menjadi lebih ekonomis dan lebih murah dari jumlah harga kemasan pada tiap itemnya. Strategi product bundling juga bisa kita lakukan untuk beberapa produk yang kurang laku di pasaran. Selain itu juga bisa diterapkan produk baru yang masih belum dikenal atau diminati oleh calon konsumen.

3. Strategi Psikologi Harga Decoy Effect

Dalam dunia pemasaran istilah decoy effect ini cukup populer, di mana penerapannya adalah dengan melakukan pancingan pada nilai yang tidak berharga. Coba ambil contoh saat kita akan menonton film di bioskop, kita diberikan dua pilihan menu popcorn. Di mana pilihan popcorn pertama ukuran kecil seharga 55 ribu dan popcorn ukuran besar 100 ribu. Bisa dipastikan kita akan lebih memilih popcorn ukuran kecil dengan harga 55 ribu dengan pertimbangan bahwa kita tidak begitu membutuhkan popcorn yang besar karena membeli popcorn yang kecil sudah cukup.

Lain cerita ketika ada perubahan variasi produk yang ditawarkan. Misal popcorn ukuran kecil seharga 55 ribu, popcorn ukuran medium seharga 85 ribu, dan popcorn ukuran besar 100 ribu. Mana yang menurut kita lebih menarik? Pada kasus seperti ini, ternyata lebih banyak orang yang memilih popcorn ukuran besa karena perbedaan antara popcorn ukuran medium dan popcorn ukuran besar hanya selisih 15 ribu saja. Jadi, hanya dengan menambahkan sedikit uang, keuntungan yang didapatkan lebih besa. Inilah yang disebut dengan strategi psikologi harga decoy effect.

Localaris UMKM Ecodoe

Mengembangkan Strategi Bisnis bersama Ecodoe

Selain mempelajari dan memahami strategi psikologi harga, hal lain yang kita perlukan sebagai pelaku usaha adalah wadah untuk belajar bagaimana cara yang tepat untuk mengemangkan bisnis. Salah satunya adalah dengan bergabung menjadi Kreator UMKM Ecodoe. Jadi Ecodoe ini adalah pusat penghubung UMKM dengan para klien perusahaan, lembaga pemerintah, dan BUMN yang membutuhkan pengadaan barang dan jasa melalui satu platform terintegrasi yaitu aplikasi Ecodoe.

Nantinya para pelaku UMKM yang tergabung sebagai Kreator tidak hanya mendapatan akses pasar agar produknya bisa laku terjual, tapi lebih dari itu akan didapatkan juga pendampingan dalam mengembangkan usaha. Beberapa pendampingan yang akan didapatkan meliputi aspek pendanaan pengadaan proyek usaha, pengembangan produk, manajemen bisnis, legalitas produk dan usaha, serta pengelolaan sumber daya manusia.

Program-progam pendampingan bisnsi tersebut bisa diakses secara gratis tanpa dipungut biaya untuk seluruh pelaku UMKM yang ada di Indonesia. Cara bergabung dengan Ecodoe juga sangat mudah, tinggal melakukan pendaftaran di laman Kreator UMKM atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi Ecodoe UMKM di playstore.

Ayo gabung menjadi Kreator UMKM Ecodoe sekarang juga! Dapatkan akses pasar yang lebih luas dan pendanaan usah hingga ratusan juta secara gratis!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top