Inilah 3 Daftar Sumber Modal Usaha UMKM!

Inilah 3 Daftar Sumber Modal Usaha UMKM

Apakah Anda sedang mencari sumber modal usaha UMKM? Inilah daftar sumber modal usaha UMKM untuk Anda! Modal usaha UMKM menjadi satu aspek penting yang dapat menunjang keberlangsungan bisnis itu sendiri. Tanpa adanya modal, tentu saja bisnis atau usaha tersebut tidak akan berjalan dan berkembang dengan maksimal. Hal yang perlu dipahami betul soal modal usaha UMKM adalah dari mana saja sumber bantuannya dan bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan modal tersebut untuk mengembangkan usaha.

Kendala UMKM Mendapat Modal Usaha

Kebanyakan kendala yang dialami oleh pelaku usaha memang soal modal usaha UMKM. Tapi proses untuk memperoleh kredit modal dari lembaga keuangan juga tidak mudah bagi pelaku UMKM itu sendiri. Maka dari itu sangat diperlukan bantuan teknis seperti konsultasi bagaimana cara memperoleh modal usaha UMKM dari sumber lembaga keuangan ataupun non lembaga keuangan.

Secara umum, modal usaha UMKM itu bersumber dari dana sendiri. Tapi dalam rangka untuk mengembangkan bisnis, tentunya perlu modal lebih besar yang bersumber dari luar. Oleh karenanya, upaya untuk meningkatkan modal UMKM dapat dilakukan dengan mencari akses pendanaan melalui fasilitas pengkreditan dari perbankan atau non perbankan dan fasilitas dana bergulir baik dari pemerintah maupun swasta.

Ketika pelaku usaha ingin memperoleh dana melalui kredit tentunya memerlukan persyaratan, antara lain proposal kegiatan usaha. Lembaga keuangan dan non keuangan juga memberikan syarat lain untuk bisa mendapatkan kredit. Persyaratan ini sering menjadi kendala bagi UMKM dalam mendapatkan dana pinjaman untuk mengembangkan bisnis.

Kendala soal ini dikarenakan keterbatasan akses ke sumber-sumber permodalan, terutama ke lembaga formal seperti bank. Faktor lain adalah keterbatasan kemampuan dalam melengkapi persyaratan perbankan. Hal ini memberikan peluang bagi praktik pelepas uang atau rentenir untuk memberikan jasanya berupa pinjaman dengan bunga tinggi tapi pelayanan untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah dan cepat.

Solusi Modal Usaha UMKM

Belajar dari pengalaman tahun –tahun sebelumnya, bahwa pada kenyataannya program bantuan modal usaha UMKM masih belum membuahkan hasil yang maksimal. Belum lagi soal pembagian bantuan yang belum merata ataupun tidak tepat sasaran. Begitu juga dengan prosedur untuk mendapatkan bantuan modal usaha UMKM yang belum semua pelaku usaha mikro dan kecil dapat mengakses informasinya dengan lengkap.

Sejauh ini pemerintah telah melakukan kerjasama dengan banyak Bank untuk mengadakan program pinjaman modal khusus UMKM. Di mana sistem kreditnya dari segi persyaratan dan juga bunganya disesuaikan. Hal tersebut dilakukan supaya UMKM tetap bisa mendapatkan akses pinjaman kredit untuk mengembangkan usahanya. Tapi yang namanya sistem baru, perlu disosialisasikan dengan jelas ke pelaku UMKM. Hal yang diperlukan untuk membantu UMKM mendapatkan informasi lengkap dan akses modal adalah dengan memberikan pendampingan dan juga konsultasi soal pendanaan usaha.

Daftar Modal Usaha UMKM

Alasan utama pelaku usaha mikro kecil mencari sumber modal usaha tentunya untuk mengembangkan bisnisnya. Sebab kalau modal hanya berasal dari kantong pribadi, kesempatan untuk memajukan usaha lebih kecil. Maka dari itulah diperlukan modal dari sumber lain dan lebih besar supaya kesempatan bisnis bertumbuh makin besar. Inilah daftar sumber modal usaha UMKM.

1. Modal Usaha UMKM dari Pemerintah

Pemerintah memiliki program untuk membantu para pelaku usaha dengan memberikan pinjaman modal usaha. Ada dua pilihan yang disediakan bagi pelaku usaha yaitu modal dalam bentuk kredit dan juga bukan kredit. Pinjaman bentuk kredit ada KUR atau Kredit Usaha Rakyat khusus untuk pelaku usaha kecil dan menengah. KUR menawarkan bunga rendah karena ada subsidi dari pemerintah dengan limit 500 juta. Selain KUR ada juga Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL yang merupakan implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dari BUMN. PKBL ini lebih menyasar ke pelaku usaha mikro dan kecil yang potensial.

Kalau pinjaman bukan kredit dari pemerintah ada PNPM Mandiri yang merupakan program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam program tersebut pelaku usaha akan mendapatkan modal berbentuk uang dan bukan uang seperti tenda kaki lima, mesin, dan lainnya yang dapat mendukung operasional usaha. Ada juga UMi atau pembiayaan ultra mikro dengan limit 10 juta. Tujuannya untuk membantu pelaku usaha mikro dan kecil yang kesulitan mendapat akses KUR.

2. Lembaga Keuangan Bank

Sudah tentu bank akan menjadi pilihan pertama ketika pelaku usaha membutuhkan modal dalam jumlah besar. Tersedia banyak produk yang nantinya bisa Anda pilih ketika mengajukan kredit modal usaha. Produk pinjaman tanpa jaminan atau KTA adalah salah satu produknya. Prosesnya lebih mudah dan cepat karena tidak memerlukan jaminan apapun. Selain itu ada juga pinjaman dengan jaminan, aset seperti tanah, kendaraan bermotor, properti atau lainnya yang nantinya jadi jaminan.

Dalam pengajuan pinjaman ke bank tentunya akan ada banyak prosedur dan persyaratan yang harus diikuti. Salah satu cara agar pengajuan pinjaman modal usaha UMKM Anda disetujui, siapkan proposal usaha yang juga memuat prospek usaha ke depan. Persiapkan materi soal usaha Anda dengan lengkap serta jawaban potensial atas pertanyaan yang diajukan bank nantinya.

3. Inkubator UMKM

Sumber modal usaha UMKM bisa berasal dari program inkubator bisnis. Sekarang baik pemerintah, BUMN, dan juga swasta kebanyakan telah memiliki program inkubasi untuk para pelaku usaha khususnya UMKM. Inkubator UMKM ini pada dasarnya memang memiliki visi mencari, membantu, dan mengelola pelaku UMKM potensial untuk berkembang dengan diberikan akses dan suntikan modal. Bentuk modal yang diberikan bisa berupa uang dan juga fasilitas seperti pelalatan dan perlengkapan operasional usaha, pelatihan, mempertemukan dengan investor professional, dan juga pendampingan bisnis.

Localaris UMKM Ecodoe

Modal Usaha UMKM Bersama Ecodoe

Salah satu incubator bisnis yang juga berfokus pada modal usaha UMKM adalah program Localaris dari Ecodoe. Program Localaris berfokus pada beberapa aspek mulai dari finansial dan legalitas, branding dan kualitas produk, serta pengembangan sumber daya manusia atau SDM. Di program Localaris Ecodoe, para UMKM yang tergabung dalam program pendampingan ini akan diberikan bekal berupa wawasan dan teknis bagaimana mendapatkan pendanaan ataupun modal usaha.

Selain itu pelaku UMKM yang tergabung juga akan dibimbing bagaimana memaksimalkan modal usaha yang didapatkan dengan manajemen finansial yang tepat. Bahkan para UMKM yang tergabung sebagai Kreator Ecodoe punya kesempatan untuk mendapatkan pendanaan proyek dengan nominal hingga 200 juta. Para mentor yang akan mendampingi nantinya merupakan orang-orang yang sudah paham dan pakar soal pengembangan UMKM di Indonesia.

Buat Anda yang ingin mendapatkan program pendanaan UMKM secara GRATIS, bisa bergabung menjadi Kreator Ecodoe dengan mengunjungi laman Kreator UMKM Localaris Ecodoe atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi Ecodoe UMKM di Playstore. Ayo gabung jadi Kreator Ecodoe sekarang juga! Dapatkan Pendanaan UMKM hingga ratusan juta rupiah!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Souvenir Anda dengan team spesialis Kami
Gratis !!!

Konsultasi Lewat Whatsapp gratis!!!

Chat Customer Service
Scroll to Top